Beranda | Artikel
Saingi Kawanmu! (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Rabu, 12 Agustus 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Saingi Kawanmu!

Di zaman sekarang bukan hanya orang kaya yang berlomba-lomba di dalam mengumpulkan harta. Bahkan banyak orang miskin yang berlomba-lomba dalam mengumpulkannya. Ada juga para penuntut ilmu dan para dai yang mulai tergoda dengan harta. Padahal Allah Ta’ala telah mengingatkan hal ini di dalam firmanNya:

أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ

“Bermegah-megahan telah melalaikan kamu.” (QS At-Takatsur [102]: 1)

Saling berlomba-lomba dalam mengumpulkan harta akan melalaikan kita terhadap kehidupan akhirat dan dari ketaatan. Bahkan para ulama menjelaskan bahwa kecintaan terhadap dunia dan kenikmatannya akan menyibukan kita dari mencari pahala akhirat. Dan hal ini akan terus menerus terjadi pada diri kita hingga datang kematian dan akhirnya kita masuk ke dalam kuburan.

Jika kita perhatikan, ayat ini sebenarnya ancaman dari Allah terhadap sifat rakus dan berlomba-lomba dalam mengumpulkan dunia. Maka dari itu, tidak sepantasnya kita berlomba-lomba dalam mengumpulkan dunia.

Lalu dalam hal apa kita harus berlomba-lomba dan bersaing dengan orang lain? Ya, jawabnya adalah kita bersaing dengan orang lain dan dengan kawan kita dalam kebaikan dan meraih pahala dari Allah untuk kehidupan akhirat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا فَاسْتَبِقُواْ الْخَيْرَاتِ أَيْنَ مَا تَكُونُواْ يَأْتِ بِكُمُ اللّهُ جَمِيعاً إِنَّ اللّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS Al-Baqarah [2]: 148)

Dan sifat berlomba-lomba dalam kebaikan ini merupakan salah satu sifatnya orang-orang yang beriman. Allah Ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوا وَّقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَى رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ، أُوْلَئِكَ يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَهُمْ لَهَا سَابِقُونَ

Bagaimana penjelasan lengkap tentang tema yang sangat menarik ini? Simak lebih lanjut penjelasan tentang “Saingi Kawanmu!” yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Saingi Kawanmu!

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15406-saingi-kawanmu-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/